Perkembangan Teknologi —> BLACKBERRY

BlackBerry merupakan suatu gebrakan besar masa kini, yang mampu membuat orang-orang tertarik untuk membeli dan menggunakan alat komunikasi ini karena aplikasinya yaitu BlackBerry Messenger. BlackBerry Messenger merupakan suatu layanan dari BlackBerry sendiri dengan menggunakan server sendiri, memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi dalam bentuk chat yang seperti berbicara langsung dengan orang yang diajak bicara.

Perkembangan BlackBerry sendiri dimulai sejak tahun 1984 sejak RIM (Research In Motion) didirikan. Maksud awal didirikannya RIM adalah untuk tujuan bisnis konsultasi barang elektronik dan ilmu computer. Lalu pada tahun 1988, RIM meluncurkan produk Pager BlackBerry. Pada saat inilah awal Mobitek Wireless Network bekerja sebagai jaringan RIM Pager BlackBerry. Kemudian pada tahun 1998, RIM meluncurkan suatu produk RIM 950 Wireless Handheld. Produk ini juga sudah mulai disebut BlackBerry. Produk ini memiliki spec tampilan enam baris, bisa digunakan untuk mengirim email, bisa digunakan sebagai pager, bisa digunakan untuk browsing juga.

Setelah itu, RIM mulai membangun jaringan untuk Java pada tahun 2000. Di sini dikenal sebagai RIM 857/957 Wireless Handheld dan juga BlackBerry 5790 beredar dengan memory 16 Mb flash memory. Perkembangan di dalam membangun jaringan dan server ini berkembang sangat pesat sampai tahun 2002. Di tahun ini, RIM meluncurkan beberapa device dengan fitur-fitur dan kelebihannya masing-masing, seperti :

1.  BlackBerry 5810. Ini adalah seri pertama BlackBerry dengan fitur GSM/GPRS radio. Device pertama di dunia dengan GSM/GPRS radio.

2.   BlackBerry 6510. Dibekali dengan fitur walkie-talkie.

3. BlackBerry 6750. Device pertama BlackBerry untuk pengguna CDMA20001X Wireless Network.

4. BlackBerry 6710 dan BlackBerry 6720 dengan fitur integrated speaker/microphone serta kemampuan international roaming pada GSM/GPRS.

Pada tahun 2003, RIM meluncurkan beberapa produk BlackBerry yang masih berlayar monkrom seperti BlackBerry 6210, 6220, dan 6230, serta produk BlackBerry dengan layar berwarna, seperti Blackberry 7230, 7210, dan 7280. Sedangkan BlackBerry 7730 memiliki layar warna yang lebih besar dan merupakan device pertama dengan Tri Band GSM.

Pada tahun 2004, pada saat RIM berusia 20 tahun, pengguna BlackBerry sudah mencapai 2 juta orang di seluruh dunia. Ini adalah hasil yang sangat memukau dan merupakan prestasi bagi RIM. Blackberry 7510 dan 7520 pun dirilis pada tahun ini dengan menawarkan fitur GPS dan juga memiliki speakerphone. Lalu pada tahun 2005, pengguna BlackBerry meningkat drastis menjadi 2 kalinya dari tahun sebelumnya, yaitu 4 juta orang di seluruh dunia. Sampai tahun 2008, Blackberry disebut smartphone dengan hadirnya BlackBerry Bold dengan resolusi layar tinggi sehingga membuat gambar yag ditampilkannya terlihat utuh. Modelnya juga modis dan juga fiturnya untuk menghasilkan suara yang jernih untuk memutar musik. Setelah Bold, Blackberry dengan desain flip pun muncul, yang disebut BlackBerry Pearl. Perkembangan BlackBerry dalam tahun 2008 sangatlah cepat. Pada bulan Oktober, RIM merilis BlackBerry dengan fitur touch screen yaitu BlackBerry Storm. Layar BlackBerry Storm bisa di klik karena ada pegas-pegas kecil yang ditanamkan di bawah layar. Lalu pada awal tahun 2009, dibukalah toko online BlackBerry Application World di mana tempat para pengguna BlackBerry mendownload program. Setelah itu muncullah BlackBerry lainnya seperti Gemini, Onyx, dan yang terbaru adalah Torch. RIM mendapatkan penghargaa Best Mobile Technology Breaktrough pada GSMA 14th Annual Global Mobile Awards.

Leave a comment